Friday, February 3, 2017

Cara Alami Hilangkan Nyeri Sendi

Cara Alami Hilangkan Nyeri Sendi

Cara Alami Hilangkan Nyeri Sendi - Pada umumnya, dokter menangani radang sendi dengan obat anti-inflamasi serta obat penghilang rasa nyeri. Tetapi, beberapa obat tersebut dapat mengakibatkan efek samping, Oleh sebab itu dibutuhkan pendekatan alami untuk penghilang rasa nyeri yang bebas efek samping. Lantas bagaimana cara hilangkan nyeri sendi secara alami?


Penting dipahami bahwa cara alami yang akan kami sajikan disini hanya ditujukan kepada mereka yang memiliki keluhan nyeri sendi ringan atau gejala nyeri yang ringan, selebihnya untuk nyeri sendi yang parah kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait, sebab pada kasus ini biasanya cara alami dipakai sebagai penunjang supaya pasien tidak menerus bergantung dengan obat. Berikut Cara Alami Hilangkan Nyeri Sendi.
  • Berolahraga
Ada banyak manfaat selain menurunkan berat badan ketika berolahraga. Gerak yang teratur membantu mempertahankan fleksibilitas (FLX) dalam sendi untuk atasi kaku sendi. Tetapi harus selalu waspada, olahraga yang menahan beban badan seperti berlari dan berjalan justru bisa merusak sendi. Ada baiknya lakukan olahraga low impact seperti bersepeda, berenang atau aerobik untuk melenturkan sendi tanpa tambahan beban lebih lanjut.
  • Kunyit
Rempah-rempah yang telah umum digunakan sebagai bumbu ini ternyata mengandung bahan kimia yaitu salah satunya curcumin yang mungkin bisa mengurangi rasa nyeri sendi, sebab zat ini mempunyai sifat anti-inflamasi.
  • Terapi Hangat dan Dingin
Suhu panas dan dingin dapat membantu atasi nyeri sendi dan kekakuan. Atasi kaku sendi dapat dilakukan terapi hangat yaitu dengan cara dikompres atau bisa dengan cara berendam di air hangat, dan untuk mengurangi rasa nyeri dapat dilakukan dengan terapi dingin caranya sama yaitu di kompres dingin pada bagian sendi yang nyeri, bedanya terapi dingin tidak dengan mandi atau berendam di air dingin.
  • Pijat
Pemijatan bisa membantu meredakan rasa sakit dan kekakuan serta meningkatkan jangkauan gerak. Konsultasikan dengan pakar terapi fisik untuk belajar memijat diri sendiri, atau buatlah janji dengan terapis pijat yang berpengalaman secara teratur.
  • Meditasi
Teknik relaksasi dan meditasi bisa sedikit membantu kurangi rasa sakit pada sendi, caranya dengan mengurangi stres.
  • Turunkan Berat Badan
Berat badan mempunyai pengaruh besar terhadap beban yang ditanggung oleh sendi, sehingga jika seseorang mempunyai masalah seperti nyeri sendi maka justru hanya akan memperparah keadaan. Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menjadi beban berat untuk sendi pinggul, lutut, dan kaki. Oleh karena itu turunkan berat badan hingga berat badan ideal tercapai. Jika berhasil, hal tersebut akan mengurangi rasa nyeri, meningkatkan mobilitas, serta menghambat kerusakan sendi lebih lanjut.
  • Terapi Akupuntur
Akupuntur adalah pengobatan Cina kuno yang dilakukan dengan cara memasukkan sebuah jarum kecil ke titik-titik tertentu pada tubuh. Diduga bahwa akupuntur mempunyai kemampuan untuk meringankan sakit arthritis.
  • Konsumsi Asam Lemak yang Tepat
Untuk memiliki kesehatan yang optimal, seseorang memerlukan makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Tetapi, ternyata asam lemak bisa membantu  mengurangi radang atau nyeri sendi. Suplemen minyak ikan, tinggi akan omega-3 dan bisa membantu kurangi kekakuan pada sendi serta rasa nyeri sendi.
  • Suplemen Herbal
Ada banyak macam suplemen herbal di pasaran yang mengklaim dapat meringankan nyeri sendi. Bromelain, jelatang, boswellia, ginkgo, dll. merupakan beberapa tanaman yang disebut-sebut dapat meredakan nyeri arthritis. Sebelum mengonsumsi suplemen baru, ada baiknya konsultasikan dahulu kepada dokter agar terhindar dari efek samping yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan nyeri sendi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Alami Hilangkan Nyeri Sendi

No comments:

Post a Comment